Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tugas 3

A. Penyesuaian Diri


Penyesuaian diri adalah proses yang diharapi oleh individu dalam mengenal lingkungan yang baru. Menurut Schneider (dalam Partosuwido, 1993) penyesuaian diri merupakan kemampuan untuk mengatasi tekanan kebutuhan, frustrasi dan kemampuan untuk mengembangkan mekanisme psikologis yang tepat. Menurut Callhoun dan Acocella (dalam Sobur, 2003), penyesuaian dapat didefenisikan sebagai interaksi individu yang kontinu dengan diri individu sendiri, dengan orang lain, dan dengan dunia individu. Menurut pandangan para ahli diatas, ketiga faktor tersebut secara konstan mempengaruhi individu dan hubungan tersebut bersifat timbal balik mengingat individu secara konstan juga mempengaruhi kedua faktor lain.

Menurut Schneiders (1964), pengertian penyesuaian diri dapat ditiinjau dari tiga sudut pandang, yaitu:

  • Penyesuaian sebagai adaptasi Menurut pandangan ini, penyesuaian diri cenderung diartikan sebagai usaha mempertahankan diri secara fisik, bukan penyesuaian dalam arti psikologis, sehingga ada kompleksitas kepribadian individu dengan lingkungan yang terabaikan. 
  • Penyesuaian diri sebagai bentuk konformitas Penyesuaian diri diartikan sama dengan penyesuaian yang mencakup konformitas terhadap suatu norma. Pengertian ini menyiratkan bahwa individu seakan-akan mendapat tekanan kuat untuk harus selalu mampu menghindarkan diri dari penyimpangan perilaku, baik secara moral, sosial maupun emosional. Menurut sudut pandang ini, individu selalu diarahkan kepada tuntutan konformitas dan diri individu akan terancam tertolak jika perilaku individu tidak sesuai dengan norma yang berlaku. 
  • Penyesuaian diri sebagai usaha penguasaan  Penyesuaian diri dipandang sebagai kemampuan untuk merencakan dan mengorganisasikan respons dalam cara-cara tertentu sehingga konflik-konflik, kesulitan dan frustasi tidak terjadi, dengan kata lain penyesuaian diri diartikan sebagai kemampuan penguasaan dalam mengembangkan diri sehingga dorongan emosi dan kebiasaan menjadi terkendali dan terarah. 


B.Pertumbuhan Personal

Pertumbuhan merupakan proses perubahan yang berhubungan dengan kehidupan jasmani individu, sedangkan perkembangan yaitu proses perubahan yang berhubungan dengan kejiwaan individu dan biasanya melahirkan tingkah laku yang dapat diamati walaupun tidak dapat diukur seperti yang terjadi pada perubahan jasmani. Perkembangan manusia ada dua macam yaitu perkembangan biologis daan perkembangan motorik. Perkembangan biologis / fisik manusia berkaitan erat dengan terjadinya proses evolusi manusia seperti sikap tubuh, cara bergerak, dan perubahan fungsi bagian tertentu tubuh manusia. Perkembangan fisik, kecerdasan, dan kepribadian awal memberi petunjuk tentang apa saja yang dapat dikerjakan anak ketika ia dewasa.

Terjadinya perubahan pada seseorang secara tahap demi tahap karena pengaruh baik dari pengalamaan atau empire luar melalui panca indra yang menimbulkan pengalaman dalam mengenai keadaan batin sendiri yang menimbulkan reflekions. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pertumbuhan individu, yaitu:

  • Faktor Biologis Semua manusia normal dan sehat pasti memiliki anggota tubuh yang utuh seperti kepala, tangan, kakai, dan lainnya. Hal ini dapat menjelaskan bahwa beberapa persamaan dalam keprbadian dan perilaku 
  • Faktor Geografis Setiap lingkungan fisik yang baik akan membawa kebaikan pula pada penhuninya. Sehingga menyebabkan antar individu bisa berjalan dengan baik dan menimbulkan kepribadian setiap individu yang baik juga. Namun, jika lingkungan fisiknya kurang baik dan tidak adanya hubungan baik pula dengan individu yang lain, maka akan tercipta suatu eadaan yang tidak baik pula. 
  • Faktor Kebudayaan Khusus perbedaan kebudayaan dapat mempengaruhi kepribadian anggotanya. Namun, tidak berarti semua individu yang ada didalam masyarakat yang memiliki kebudayaan yang sama juga memiliki kepribadian yang sama juga.
Source : http://edukasi.kompasiana.com/2010/11/16/pengertian-perkembangan-dan-pertumbuhan-serta-faktor-yang-mempengaruhi-319265.html
http://www.psychologymania.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar