Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Tugas 1





A.Konsep Sehat





          Banyak definisi Kesehatan mental diberikan oleh para ahli sesuai dengan pandangan dan bidangnya masing-masing.

         Kesehatan mental adalah terhindarnya individu dari simtom-simtom neurosis dan psikosis ,selain itu Kesehatan mental adalah kemampuan untuk menyesuaikan dir dengan diri sendiri,dengan orang lain dan dengan masyarakan.Definisi ini terlalu luas dan sangat umumkarena dihubungkan dengan kehidupan secara keseluruhan.

        Menurut definisi ini,orang yang bermental sehat adalah orang yang dapat menguasai segala faktor dalam hidupny sehingga ia dapat mengatasi kekalutan mental sebagi akibat dari tekanan-tekanan perasaan dan hal-hal yang menimbulkan frustasi.

       Kesehatan mental adalah pengetahuan dan perbuatan yang bertujuan untuk mengembangkan memanfaatkan segala kapasitas,kreativitas,energi,dan dorongan yang ada semaksilal mungkin sehingga membawa kepada kebahagiaan diri dan orang lain serta terhindar dari gangguan penyakit mental.

      Sedangkan Sehat merupakan sebuah keadaan yang tidak hanya terbebas dari penyakit akan tetapi juga meliputi seluruh aspek kehidupan manusia yang meliputi aspek fisik, emosi, sosial dan spiritual. Menurut


WHO (1947)

            Sehat itu sendiri dapat diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan (WHO,1947). Definisi WHO tentang sehat mempunyui karakteristik berikut yang dapat meningkatkankonsep sehat yang positif (Edelman dan Mandle. 1994):1. Memperhatikan individu sebagai sebuah sistem yang menyeluruh.2. Memandang sehat dengan mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal.3. Penghargaan terhadap pentingnya peran individu dalam hidup.
UU No.23,1992


Tentang Kesehatan menyatakan bahwa:
           Kesehatan adalah keadaan sejahteradari badan, jiwa dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Dalam pengertian ini maka kesehatan harus dilihat sebagai satu kesatuan yang utuh terdiri dari unsur-unsur fisik, mental dan sosial dan di dalamnya kesehatan jiwa merupakan bagian integral kesehatan.


Dalam pengertian yang paling luas
          Sehat merupakan suatu keadaan yang dinamis dimana individu menyesuaikan diri dengan perubahan[erubahan lingkungan internal ( psikologis,intelektua, spiritual dan penyakit ) dan eksternal (lingkungan fisik, social, dan ekonomi) dalammempertahankan kesehatannya.





B. Sejarah Perkembangan Kesehatan Mental
       
          Zaman dahulu orang menduga bahwa penyebab penyakit mental adalah setan, roh-roh jahat dan dosa-dosa. Oleh karena itu para penderita penyakit mental dimasukkan dalam penjara-penjara di bawah tanah atau dihukum dan diikat erat-erat dengan rantai besi yang berat dan kuat. Namun, lambat laun ada usaha-usaha melalukan perbaikan dalam mengatasi orng-orang yg mengalami gangguan mental.
           


         Kesehatan mental ungkapan ini diciptakan oleh W. Swetster di tahun 1843, dan penuh dengan konten yang sebenarnya melalui "pribadi" pengalaman berkumpul oleh ahli asuransi Beers Amerika. Tujuannya adalah untuk memastikan perawatan yang lebih manusiawi dari sakit mental, cara bagaimana tujuannya ini dilakukan dalam konteks yang lebih luas melampaui domain perawatan kesehatan tidak bisa disebut hanya kejiwaan.


         Kesehatan mental mulai berkembang sejak perang dunia ke II .Sejak awal perang dunia ke II kesehatan mental bukan lagi suatu istilah yang asing bagi orang – orang .Dalam bidang kesehatan mental kita dapat memahami bahwa gangguan mental itu telah terjadi sejak awal peradaban manusia dan sekaligus telah ada upaya-upaya mengatasinya sejalan dengan peradaban.


         Namun seiring jaman yang semakin maju dan perkembangan ilmu pengetahuan Philippe Pinel di Perancis dan William Tuke dari Inggris, mengadakan perbaikan dalam menanggulangi orang-orang yang terganggu mentalnya


C.Pendekatan Kesehatan Mental


          Ada banyak pendekatan untuk mempengaruhi penyesuaian diri manusia dan dengan demikian akan meningkatakan kesehatan mental.Ada 3 cara pendekatan yang lazim di gunakan, yaitu pendekatan preventif, pendekatan terapeutik dan pendekatan kuratif yang dikenal sebagai psikiatri preventif.


  • Pendelatam preventif ilmu kesehatan mental adalah pendekatan yang pertama-tama berusaha mencegah gangguan-gangguan mental yang ringan dan yang dapat menimbulkan psikosis-psikosis yang sebenarnya. 
  • Pendekatan terapeutik ialah Komunikasi terapeutik adalah komunikasi yang direncanakan secara sadar, bertujuan dan kegiatannya dipusatkan untuk kesembuhan pasien munikasi terapeutik termasuk komunikasi interpersonal dengan titik tolak saling memberikan pengertian antar perawat dengan pasien. Persoalan mendasar dan komunikasi in adalah adanya saling membutuhan antara perawat dan pasien, sehingga dapat dikategorikan ke dalam komunikasi pribadi di antara perawat dan pasien, perawat membantu dan pasien menerima bantuan 
  • Pendekatan kuratif sedangkan kuratif kuratif ini lebih bersifat mengobati/memperbaiki sesuatu yang telah rusak/terjadi, sesuai asal katanya yaitu "cure" berarti menyembuhkan

Source : emiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 1. Yogyakarta: Kanisius.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar